Blogger news

Senin, 07 Mei 2012

Sikap Kepemimpinan


Dalam berwirausaha kita harus mempunyai sikap yang didasari kepemimpinan yang tinggi, juga kemandirian. Selain itu juga, dalam berwirausaha kita harus mempunyai sikap kepemimpinan. Dalam kesempatan saya dalam blog ini saya akan menjelaskan sedikit demi sedikit, yaitu tentang sikap kepemimpinan dalam berwirausaha.





Sikap kepemimpinan

Sikap kepemimpinan ini harus kita terapkan dalam berwirausaha, karena setiap wirausahawan maupun pegawai harus memiliki sikap kepemimpinan, seperti : 
  • Apabila dalam berwirausaha sendiri, kita harus bisa memimpin pegawai - pegawai dalam suatu perusahaan, juga memimpin tanggung jawab setiap resiko yang diterima besar maupun kecil, hal itu untuk mengendalikan jalannya perusahaan.
  • Sedangkan dalam pegawai, harus bisa memimpin dalam tanggung jawab yang telah di berikan oleh atasan dalam perusahaan. contohnya, dalam mengerjakan tugas - tugas yang telah di berikan.
Lalu apa itu sikap kepemimpinan ? sikap kepemimpinan adalah sikap yang bisa berkepemimpinan dalam suatu organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk merealisasikan tujuan organisasi atau perusahaan. Kemudian arti daripada pemimpin adalah orang yang menghasilkan sesuatu melalui bawahannya dan sebaliknya bawahan hanya menghasilkan sesuatu yang di inginkan.

Menurut beberapa pakar psikologi, tiga gaya seorang pemimpin yang efektif adalah sebagai berikut.

1. IQ (Intellegent Quotient)

Kemampuan pola pikir rasional secara tepat dan efektif untuk mengambil keputusan secara tepat. Pemimpin harus mempunyai daya ingat yang kuat dan juga pandai menganalisis informasi - informasi yang di terima untuk menghasilkan hal - hal yang positif demi kemajuan perusahaan.

2. EQ (Emotional Quotient)

Kecerdasan emaosional adalah kemampuan mengelola perasaan sehingga terekpresikan secara tepat dan efektif yang memungkinkan orang bekerja sama dengan lancar menuju sasaran bersama.

Beberapa ahli menuliskan bahwa manfaat EQ bagi seorang pemimpin antara lain seebagai berikut.

  1. Membantu IQ dalam memecahkan masalah, pengambilan keputusan yang tepat dan cepat.
  2. EQ yang diarahkan secara konstrituktif akan meningkatkan kinerja intelektual.
  3. Membantu lebih mengenal diri sendiri.
  4. Menjaga keseimbangan antara kebutuhan pribadi dengan kebutuhan orang lain.
  5. Membantu pemimpin dalam mengemban perannya.
  6. Dapat melakukan komunikasi secara terbuka.
  7. Menjalin team work yang sangat efektif dan sinergis.
  8. Meningkatkan kreativitas dan inovasi.

3. SQ (Spiritual Quotient)  

SQ adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai atau kecerdasan yang digunakan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita. Perlu diketahui bahwa SQ ini adalah tingkat kecerdasan tertinggi kita.
  

0 comments:

Poskan Komentar

About

 

Copyright © Megantara Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger