Blogger news

Senin, 28 Mei 2012

Penjajah Portugis dan Spanyol yang Melayari Dunia Abad 15-16

 Pada posting kali ini, saya akan menjelaskan perihal Penjajah Portugis dan Spanyol yang melayari dunia pada abad 15-16 M. Mungkin kita tidak pernah tahu, secara terperinici sejarah - sejarah Indonesia. Dan kali ini saya akan menjelaskan sedikit demi sedikit. Semoga bermanfaat.




 Penjelajah Portugis yang Melayari Dunia Abad 15 - 16

 

Vasco da Gama

 Pada bulan juli 1497, Vasco da Gama berlayar menuju ke arah selatan menelusuri pantai barat Afrika melalui kepulauan Tanjung Verde. Ia kemudian mengitari Tanjung Harapan Baik (Cafe of Good Hope). Sebelumnya, pada tahun 1498, ia mendarat di Pantai Barat India (Calicut) yang kemudian dirampasnya dengan cara mendirikan benteng-benteng keamanan.


 

 

Bartholomeus Diaz

Bartholomeus Diaz berlayar menuju ke arah selatan menelusuri pantai barat Afrika sampai daerah Pantai Emas. Pada pperjalanannya yang ke dua, Diaz berhasil mencapai Tanjung Harapan Baik (Cape of Good Hope) yang terletak di ujung selatan benua Afrika. Ia berhasil memetakan rute perjalanannya dari Lisabon sampai ke Tanjung Harapan Baik yang berguna bagi para pelaut Eropa Berikutnya.

 

 

Pedro Alvares Cabral


Cabral berlayar ke arah barat dan berlabuhdi Amerika Selatan pada tanggal 22 April 1500, dengan mengibarkan bendera Portugis dan menyatakan daerah baru itu sebagai milik Portugis. Hal itu dilakukan untuk menghindari persaingan Portugis dan Spanyol dalam merebut daerah baru.

 

 

 

Alfonso D'Alburqueque

Pada tahun 1505, Alfonso D'Alburqueque mengacukan jalur perdagangan Arab dan India, serta menduduki pelabuhan penting di Afrika Timur dan Teluk Persia. Alfonso D'Alburqueque juga berhasil melakukan pelabuhan Goa di Asia Selatan.







Franciscus Xaverius

Fraciscus Xaverius adalah seorang pendeta yang ikut dalam penjajahan samudra untuk menyebarkan agama Nasrani. Franciscus pernah berada di Maluku selama satu tahun, yaitu antara bulan juni 1546 sampai bulan April 1547. Daerah lain yang dikunjungi Franciscus antara lain India, Jepang, dan negeri Cina.







Penjelajaha Spanyol yang Melayari Dunia Abad 15 - 16

Christophorus Columbus

Columbus adalah pelaut italia yang menetap dan lama bekerja pada raja Spanyol. Atas dukungan Ratu Isabella (Spanyol), Columbus berlayar ke arah barat Atlantik, karena ia sudah sering menyusuri perairan itu untuk menuju ke Eropa Utara, Eslandia, Azora, dan Madeira. Columbus meyakinkan ratu Spanyol bahwa dengan menulusuri bagian barat Samudra Atlantik atau Laut Kegelapan (Sea of Darkness), akan lebih cepat tiba di Hindia Timur daripada berlayar melalui Tanjung Harapan Baik (Cape of Good Hope).




1. Columbus berangkat dari Spanyol pada bulan Agustus 1492 dan tiba dikepulauan Bahama (San Salvador) pada tanggal 12 Oktober 1492.

2. Pada tanggal 5 desember 1492, Columbus mendarat di Haiti (Hisopaniola), Laut Karibia, Amerika Tengah dan berhasil menemukan jalan ke benua Amerika. pada saat mendarat di Kepulauan Bahama, Comubus mengira telah tiba di Hindia dan penduduk setempat yang dijumpainya disebut dengan orang Indian. Tujuan pelayaran Columbus sebenarnya adalah untuk mencari kepulauan Hindia (Indonesia) atau yang disebut Hindia Timur.

Amerigo Vespucci adalah pelaut Italia yang mengikuti jejak Columbus untuk melintasi Samudra Atlantik serta berhasil menyusun peta kuno dan menuliskan benua Amerika di dalam peta tersebut.

Magellan - Del Cano

Pada tanggal 10 Agustus 1519, Magellan dengan dibantu kapten Juan Sebastian Dell Cano dan Pigeffeta (sastrawan dan sejarawan dari Italia) berlayar menyebrangi Samudra Atlantik. Mereka berhasil mengelilingi bumi dan membuktikan bahwa bumi itu bulat (karena pelayaranya itu diawali dari pesisir barat benua Amerika, ujung Amerika Selatan dan memasuki selat yang menghubungkan Lautan Atlantik dengan Lautan Pasifik yang dikenal dengan Selat Magellan). Tahun 1521, pelayaran di pula Cebu, Magellan tewas saat membantu raja Cebu melawan sekutu Mactan. Walaupun Magellan telah tewas, pelayaran tetap dilanjutkan hingga kepulauan Maluku, dan berhasil mengangkut rempah - rempah. Setelah itu, awak kapal tersebut kemudian kembali ke Spanyol melalui Tanjung Harapan Baik (Cape of Good Hope)

Ferdinand Cortez

Pada tahun 1519, Cortez berekspedisi dan mendarat di Veracruz. Setibanya di Meksiko, Cortez menetap beberapa bulan di pantai mengumpulkan informasi penting mengenai suku Indian Aztec yang menguasai Meksiko. Selanjutnya, Cortez merampas kerajaan Aztec yang menguasai Meksiko dan pusat kebudayaan suku Maya di semenanjung Yucatan, Teluk Meksiko.









Francisco Pizarro

Pada tahun 1522, Pizarro menjelajahi samudra menuju Benua Amerika melalui Samudra Atlantik pada tahun 1532, Pizarro berhasil menaklukan kerajaan Inca di daerah pedalaman Peru.

0 comments:

Poskan Komentar

About

 

Copyright © Megantara Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger