Blogger news

Sabtu, 12 Mei 2012

Tentang Magnet dan Dinamo

Dinamo dan magnet sangat diperlukan untuk kegiatan - kegiatan manusia untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari - hari. Dinamo dan magnet ini saya akan bahas sejarahnyanya.

       






Penelitian tentang magnet telah dilakukan sejak lama, yaitu dimulai pada zaman Yunani Kuno kurang lebih tahun 600 SM. Penelitian penting tentang magnet dilakukan oleh William Gibert pada zaman Ratu Elizabeth 1. Dewasa ini, studi tentang kemagnetan arus listrik terpusat di CERN di Lucerene, Swiss. Gilbert menggambarakan bagaimana sebatang besi dapat diubah menjadi magnet dengan jalan memukulkannya pada batu magnet. Beliau juga menggambarkan bagaimana sebatang besi akan menjadi magnet dengan memukul batang besi tersebut sambil mengarahkannya ke utara. Beliau menemukan bahwa bumi juga berlaku sepertimagnet yang besar dengan kutub - kutub magnet bumi. Pada kenyataan, beliau memberikan dasar tentang kemagnetan dan hasil penelitiannya masih digunakan oleh para ilmuwan. Gilbert juga oragn pertama yang menggunakan istilah kelistrikan yang diambilnya dari kata elektron dari bahasa Yunani.

Pada tahun 1820, ilmuwan Denmark bernama Hans Oersted menemukan hubungan antara kelistrikan dan kemagnetan. Beliau menyatakan bahwa jarum kompas akan bergerak apabila arus listrik mengalir mengikuti kawat di dekatnya. Penemuan Oersted diikuti oleh banyak ilmuwan, termasuk seorang yang berhasil dari Inggris, Michael Faraday. Faraday membuat motor listrik pertama pada tahun 1821 dan dinamo pada tahun 1831. Pada tahun 1882, Thomas Edisonmembangun stasiun listrik pertama di Nwe York. Dalam beberapa tahun saja, banyak kota - kota besar yang diterangi listrik berkat penemuan Edison tahun 1879. Pada saat ini para ilmuwan menggunakan magnet untuk menghasilkan tenaga nuklir.

0 comments:

Posting Komentar

About

 

Copyright © Megantara Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger