Blogger news

Minggu, 22 Juli 2012

Teori Muncul dan Berkembangnya Kehidupan Awal Manusia Di Indonesia

Kita tahu bahwa manusia di ciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk hidup di bumi. Kemudian kita mungkin pernah terpikir sebentar, bagaimana proses bumi di ciptakan ? Untuk itu pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasan tersebut, serta zaman - zaman yang pernah terlewati sebelumnya di nusantara.Semoga bermanfaat.





1. Kehidupan Awal Manusia dan Masyarakat Indonesia

Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, ia di karuniai nikmat berupa hati nurani dan akal yang cerdas. Akal yang cerdas inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lain, seperti binatang dan tumbuhan. Binatang dan tumbuhan adalah makhluk ciptaan Tuhan YME yang diciptakan untuk kebahagian manusia.

Sejarah bumi terbentuknya bumi ini sangatlah panjang. Menurut salah satu displin ilmu, bumi ini semula bentuknya seperti bola gas yang panasnya luarbiasa dan berputar yang teru menerus dan akhirnya gas tersebut makin lama menjadi padat, sehingga terjadilah kulit bumi. 

Sebelum di huni oleh makhluk hidup, bumi berproses secara perlahan - lahan, kulit bumi mengalami beberapa kali perubahan. Perubahan itulah yang kemudian turut mengubah penampakan bumi.

Menurut ilmu yang mempelajarai kulit bumi (geologi) maka waktu sejak terjadinya dunia sampai kini dapat dibagi menjadi beberapa zaman seperti berikut :

a. Zaman Archaikum

Zaman ini berlangsung kira - kira 2500 juta tahun. Pada masa ini keadaan kulit bumi masih sangat panas, tidak ada tanda - tanda kehidupan dan akhir zaman ini baru mulai ada tanda - tanda kehidupan. Zaman ini adalah zaman pembentukan bumi dari inti bumi sampai dengan kulit bumi. Kondisi yang sangat panas tidak memungkinkan adanya ku ayehidupan, sehingga pada masa ini diperkirakan belum ada makhluk hidup.

b. Zaman Palaeozoikum

Zaman ini berlangsung kurang lebih 340 juta tahun. Keadaan bumi belum stabil, iklim masih berubah - ubah terkadang curah hujan sangat besar. Meskipun demikian pada masa ini sudah nampak muali adanya tanda - tanda kehidupan seperti binatang yang terkecil yang tidak bertulang punggung sampai jenis ikan, ampibi serta reptile. Pada masa ini suhu bumi telah menurun drastis yang memungkinkan binatang serta makhluk hidup lainnya bisa tumbuh dan berkembang. Zaman ini juga dikenal dengan zaman primer.

c. Zaman Mesozoikum

Zaman ini berlangsung kira - kira 140 juta tahun. Pada zaman ini kehidupan berkembang dengan pesatnya mulai dari jenis ikan, reptile, ampibi. Bahkan reptile jenis raksasa seperti dinosaurus yang panjangnya antara 12 - 30 meter telah hidup di permukaan bumi. Pada zaman ini jenis burung mulai nampak demikian pula binatang menyusui sudah ada tanda - tanda kemunculannya. Walaupun rendah sekali tingkatannya. Disamping hewan - hewan yang besar, pohon - pohon besar juga diperkirakan telah ada pada zaman ini. Zaman Mesozoikum ini juga dikenal dengan zaman sekunder.

d. Zaman Neozoikum

yaitu zaman hidup baru atau disebut pula zama neozoikum. Berlangsung kira - kira 60 juta tahu yang lalu. Zaman ini memiliki arti yang sangat penting bagi sejarah perkembangan manusia karena konon kabarnya pada zaman ini khususnya zaman quarter jenis manusia telah mulai ada di muka bumi ini. Zaman neozoikum dibedakan menjadi 2 yaitu 

1) Zaman Tersier

Yaitu zaman ketiga, pada masa ini binatang menyusui berkembang dengan pesat dan reptil raksasa mulai berkurang dan lambat laun lenyap. Pada era tersiaer ini binatang menyusui seperti jenis monyet dan kera telah berkembang pesat. Zaman ini di bagi menjadi beberapa masa, antara lain : Paleosen, Eosen, Miosen, dan Pliosen.

2) Zaman Quarter

Menurut para ahli zaman ini dianggap penting karena diperkrakan manusia telah mulai ada pada zaman ini. Zaman quarter berlangsung 600.00 tahun yang lalu dan dibagi menjadi 2 yaitu :

a) Zaman dillivium
Zaman ini disebut juga sebagai zaman es. Pada zaman ini suhu panas  kadang naik dan turun. Zaman ini ditandai dengan mencairnya es yang ada di kutub utara sehingga menutupi daratan Eropa, Asia Utara, dan Amerika Utara. Akan tetapi jika suhu panas naik tajam daerah es akan berkurang dan air laut naik. Zaman ini sering disebut zaman interglasial. Zaman ini dibagi menjadi 3 yaitu :


  • Lapisan atas (Fauna Ngandong) merupakan lapisan termuda karena letaknya pada di bagian atas.
  • Lapisan Tengah (Fauna Trinil), karena letaknya ada dibagian tengah.
  • Lapisan Bawah (Fauna Jetis) karena letaknya ada dibagian bawah dan merupakan lapisan tertua.
b) Zaman Alluvium
Zaman ini berlangsung 20.000 tahun lalu dan berlangsung sampai sekarang ini. Perkembangan kebudayaan manusia juga mengalami kemajuan yang sangat berarti.


3 comments:

  1. apakaah pada masa es di kutub utara mencair di zaman quarter . semua hewan reptil yg besar misal dinosaurus pulai punah .. ????

    BalasHapus
  2. tidak dinosaurus punah 65 juta tahun yang lalu dan lagi dinosaurus bukan reptil

    BalasHapus
  3. Thanks! Sangat membantu. Kunjungi balik blog saya -> http://shofiizzati.blogspot.com

    BalasHapus

About

 

Copyright © Megantara Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger