Blogger news

Jumat, 13 Juli 2012

Pemanfaatan Layanan Internet

Dalam zaman modern dan canggih ini kita bisa mencari informasi dengan mudah. Alat pencarian informasi tersebut melalui berbagai media, seperti koran, radio, televisi, internet dan masih banyak lagi. Namun disini saya akan menjelaskan alat pencarian informasi melalui internet. Semoga bermanfaat.










1. E-mail

E-mail atau disebut juga electronic mail adalah surat yang terbentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas yang paling digunakan karena merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. melalui E-mail kita juga dapat mengirimkan file berupa lampiran surat, analogi (dapat dianggap sama) dengan paket pos. File yang akan kita kirimkan sebagai lampiran surat (attachment) dapat berupa gambar, dokumen, lagu, animasi, maupun film.

Jenis - jenis e-mail antara lain :
  1. POP mail (Post Office Protocol) merupakan tipe e-mail, yang memungkinkan kita membacanya secara offline. Pengiriman email ini menggunakan SMTP (Simple Massage Transfer Protocol).
  2. Webmail merupakan email yang banyak ditawarkan di berbagai situs, seperti yahoo dan hotmail. Situs - situs ini penyedia layanan webmail tersebut biasanya menyediakan akses email gratis dengan fasilitas terbatas disamping akses email lebih lengkap yang harus dibayar.

2. WWW (World Wide Web)

Ketika mengakses internet, www merupakan aplikasi yang palin banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. WWW adalah dokumen - dokumen internet yang di simpan di server - server yang terdapat di seluruh dunia. WWW sering disingkat dengan web saja. Karena populernya, hingga banyak orang yang keliru mengidentikkan web denganinternet. Web dapat diakses oleh perangkat lunakyang disebut dengan browser. Browser membaca halaman - halaman web yang tersimpan dalam web server melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Beberapa browser yang sering digunakan adalah microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, maupun Opera.

3. Chat Room

Chat room merupakan forum tempat para pengguna internet "ngobrol" atau secara online menggunakan tulisan/teks. istilah ngobrol di internet dikenal dengan istilah chatting. Fasilitas chatting di internet dapat diakses melalui situs penyedia layanan internet tersebut, misalnya Yahoo. 

4. FTP (File Transfer Protocol)

FTP merupakan inti awal internet dan diciptakan pada awal perkembangan TCP/IP. FTP merupakan fasilitas internet yang digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet atau server ke PC user (upload). Dengan adanya FTP perpindahan file dari satu komputer ke komputer lain dalam sistem antare jaringan yang tersebar akan berlangsung aman. Pengiriman file dengan menggunakan FTP dapat dilakukan dengan 2 model :

a. Model ASCII, model ini merupakan model untuk mengirimkan ile yang berbentuk teks.
b. Model Binary, merupakan model yang digunakan untuk mengirimkan file dengan tipe byte - stream (misalnya file gambar)

5. Mailing List

Mailing list merupakan alamat email grup. Mailing list atau sering juga disebut milis aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok malalui email. setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

6. Newsgroup

Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Anggota forum newsgroup biasanya mempunyai kepentingan dan keterkaitan yang sama serta membahas topik - topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah buletin board, dimana setiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.

0 comments:

Posting Komentar

About

 

Copyright © Megantara Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger