Blogger news

Sabtu, 02 Juni 2012

Tarian Mancanegara dari Benua Asia




Kali ini saya akan membagikan informasi yang sekaligus berisi pengetahuan tentang tarian - tarian mancanegara diantaranya yaitu, tarian Timur Tengah, Tarian India, Tarian Korea, Tarian Jepang. Walaupun sedikit atupun banyak, kurang atau lebih. Kita ambil ilmunya yang penting. Semoga Bermanfaat. 





1. Tarian Timur Tengah

Tarian yang terkenal di kawasan itu adalah tari perut. Masyarakat disana menebutnya raqs sharqi (tari timur) atau raqs baladi (tarian nasional). Berbagai negara seperti Yordania, Irak, Arab Saudi, Mesir, dan Turki mengenal tarian ini. Tari perut biasanya dipentaskan pada acara pesta, misalnya pernikahan. Tari ini ditarikan baik laki - laki maupun perempuan.

Di Turki, tari perut ini dipengaruhi oleh kebudayaan orang Romawi. Penari laki - lakinya disebut kochecks. Mereka biasanya berpura - pura sebagai wanita dengan menggunakan rok. Pada zaman Ottoman, penari wanita penggunakan pakaian sehari - hari yang terdiri dari celana, baju panjang, rompi ketat, dan ikat pinggang dari tali atau kain sedangkan penari laki - laki menggunakan kostum khusus.

Tarian lainnya yang terkenla dari Timur Tengan adalah tari sema. Tarian ini dilakukan dengan car berputar - putar. Apabila tari perut dipentaskan untuk hiburan, tari sema ditujukan untuk fungsi keaagamaan. Tari sema telah di pertunjukan selama 700 tahun lalu oleh para sufi. Tarian ini dimulai dengan pujian kepada para nabi. Lalu, terdengar suara drum.setelah melakukan tiga putaran, para penarinya melepaskan mantel. Setiap orang akan mendekati pemimpin, memberi salam, mencium tangan, dan membentuk formasi sesuai intruksi pemimpinnya. Tarian diakhiri dengan pembacaan Al - Quran.

2. Tarian India

Salah satu tari india yang terkenla adalah tari odissi. Tarian tersebut merupakan perpaduan musik dan tarian daerah Orissa. Tarian odissi telah lebih dari 200 tahun yang lalu, yakni dikembangkan dari odra natya (tari odra). Biasanya odissi di tarikan di pelataran candi.

Musik odissi memberi penekanan pada lirik yang dibaca tanpa jeda layaknya do'a. Lirik ini merupakan puisi - puisi yang sangat terkenal, seperti Jayadev, Kavisamrat Upendra Bhanja, Gopalkrushna. Lagu odissi dinyanyikan dalam raga (lagu) dan taala (irama) tertentu. Taala memiliki pembagian ketukan dan saat diam yang berbeda untuk daerah India Utara dan Selatan. Musik Odiss asli, di daerah asalanya Orissa, merupakan bentuk Udramaghandi. Salah satu dari lima cabang musik klasik India. Namun, di daerah lain, juga berkembang odissi dengan musik dan cabang Hindustan dan Karnataki. Musik odissi menggunakan alat musik gamak, tom - tom, dan mardal/pakhawal (sejenis gendang dua sisi).

3.  Tarian Korea

Buchaechum atau tari buchae (tari kipas) merupakan sejenis tarian kelompok. Tarian tersebut cukup dikenal di mancanegara. Tarian ini dipertunjukan oleh sekelompok penari wanita yang memegang kipas berwarna - warni. Inti tarian ini adalah variasi gerakan membuka, menutup, dan membentuk formasi kipas.

Tari ini mengekspresikan keindahan dan keangguhan wanita Korea. Para penarinya membentuk formasi dan kejadian - kejadian di alam seperti deburan ombak, rumpuh bunga, dan kupu - kupu yang berterbangan di terpa angin.

Awalnya tari ini merupakan bagian dari ritual. Kemudia, tarian tersebut berubah menjadi tarian yang mengekspresikan kegembiraan, dan keanggunan. Penonton akan merasakan seakan mereka bearada di taman bunga karena penarinya memakai pakaian beraneka warna dengan gerakan - gerakan yang beritme dan formasi kipas yang indah.

4. Tarian Jepang

 Salah satu kesenian yang mengandung seni tari adalah penabuhan taiko. Taiko adalah beduk ala Jepang. Pada awalnya taiko atau bedug Jepang dibuat dengan bahan kayu gelondong seperti orang Indonesia membuat bedug. Bahkan, seni menabuh taiko ini di festivalkan. Festival menabuh taiko disebut matsuri. Pertunjukan menabuh taiko ini semaikn menarik karena diperagakan dengan tarian.


1 comments:

About

 

Copyright © Megantara Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger